Gunadarma BAAK News

Selasa, 08 Oktober 2013

Proposal Penelitian Pemanfaatan Internet sebagai sarana komunikasi



Nama : Fathimah Baya Nabilah
NPM : 32411726
Kelas : 3ID03
Judul Proposal Penelitian : Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Komunikasi
Pelajaran : Metode Penelitian
 
BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi saat ini, merubah pola pikir manusia dan perilaku manusia dewasa ini termasuk dengan cara manusia berkomunikasi. Manusia pada zaman sekarang sudah terbiasa dengan hal instan dan mudah dalam berkomunikasi, baik komunikasi seacara audio atau hanya sekedar suara, data, gambar, audio visual ataupun bebicara tatap muka dari jarak jauh sekalipun. Cara mendapatkan informasi yang mudah ini lah yang menyebabkan rentannya kesalah fahaman yang terjadi antara manusia dikarenakan berbedanya antara satu sama lain manusia dalam merespon dan mengerti cara berkomunikasi itu sendiri. Komunikasi dengan pola serba instan dan serba cepat inilah yang dapat ditemukan tidak hanya melalui telepon atau handphone saja, melainkan media yang lebih canggih serta universal dan sudah tidak asing lagi di temui zaman sekarang yaitu internet.  
Zaman sekarang sudah banyak sosial media yang tersedia di internet sebagai sarana media komunikasi. Efisiensi serta efektifitas itulah yang menyebabkan sudah jarang orang berkirim pesan melalui POS kecuali biasanya untuk perusahaan atau hal-hal yang bersifat resmi saja. Pengguna internet untuk komunikasi sudah tidak pandang status. Baik kaya atau miskin maupun pejabat atau tukang parkir sekalipun bisa dengan mudah berkomunikasi melalui internet.
Internet untuk komunikasi pada penelitian ini ingin mengetahui sejauh manakah pada saat ini terutama untuk masyarakat di Indonesia sadar serta bijak dalam pemanfaatan internet sebagai media komunikasi. Baik sebagai komunikasi personal ataupun komunikasi yang bersifat terbuka yang dapat dilihat oleh banyak orang.

1.2       Rumusan dan Batasan Masalah
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah semua orang yang menggunakan internet sebagai sarana komunikasi sudah faham konsekuensi serta aturan yang ada di Indonesia dan apakah semua pengguna internet untuk komunikasi di indonesia sudah mentaati aturan yang ada dan berlaku saat ini.
Meski banyaknya permasalahan yang terkait tentang bagaimana cara masyarakat terutama di Indonesia dalam berkomunikasi serta sarana yang digunakan, namun dalam penelitian ini hanya membahas tentang pemanfaatan internet sebagai sarana komunikasi di Indonesia.

1.3       Tujuan Penelitian
            Penelitian ini memiliki tujuan tertentu. Berikut tujuannya:
1.        Mengetahui lapisan masyarakat di Indonesia mana saja serta usia yang mendominasi dalam pemanfaatan internet sebagai sarana komunikasi
2.        Mengetahui faktor-faktor yang mendominasi masyarakat di Indonesia apa saja kah yang mempengaruhi penggunaan internet sebagai sarana komunikasi.
3.        Mengetahui alasan apa saja yang mendorong masyarakat di Indonesia untuk menggunakan internet sebagai sarana komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar